Halaman

Rabu, 22 Desember 2010

windows 7

Tentang Windows 7


Windows 7 adalah sistem operasi baru dari Microsoft yang digunakan untuk keperluan komputer pribadi, seperti komputer desktop, laptop, netbook, tablet pc dan media center pc.Windows 7 mulai dirilis untuk diuji coba pada bulan juli 2009, dan mulai dipasarkan secara umum pada 22 oktober 2009, yaitu kurang dari 3 tahun setelah dirilis versi pendahulunya windows vista. Fitur yang ada di Windows 7 60% sama dengan Windows Vista. Beberapa fiturnya adalah :Jump Lish,Tasbar yang membuka program dengan tampilan kecil(Tanpa Tulisan),Windows Media player 12,Internet Explorer 8,dan lain-lain.Beberapa yang unik adalah Sidebar yang hilang tapi Gadget bebas kemana-mana.Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spektifikasi Windows 7 lebih ringan dari pada Windows Vista.Harganya juga lebih murah dari pada Windows Vist. 

Windows 7 dirancang untuk sepenuhnya kompatibel dengan aplikasi dan perangkat keras yang mendukung windows vista. Beberapa aplikasi yang sudah disertakan pada versi sebelumnya, seperti : windows calender, windows mail, windows movie maker dan windows photo gallery tidak lagi disertakan dalam windows 7. Beberapa diantaranya akan ditawarkan secara terpisah sebagai bagian dari layanan gratis windows live essentials suite. 
Windows 7 dapat dikatakan sebagai penebus dosa windows vista, dimana windows vista banyak mendapat kritik dari orang-orang yang merasa kurang nyaman menggunakannyaBill Gates, dalam sebuah wawancara dengan newsweek mengatakan bahwa versi windows berikutnya akan Lebih pengguna-Sentris”. Gates kemudian mengatakan bahwa windows 7 akan lebih fokus pada perbaikan kinerja sistem dari versi sebelumnya.

Spesifikasi Komputer Minimum yang dibutuhkan untuk Windows 7 :
Processor 1 GHz 32-bit atau 64-bit
Memory RAM 1 GB
Memiliki paling sedikit 16 GB sisa ruang hardisk
VGA dengan memory 128 MB yang mendukung directX 9 (untuk mengaktifkan fitur Aero Themes)
DVD-R/W Drive
Edisi-edisi Windows 7 :
Windows 7 Starter Edition
Windows 7 Home Basic
Windows 7 Home Premium
Windows 7 Home Professional
Windows 7 Home Enterprise
Windows 7 Home Ultimate
Fitur-fitur baru Windows 7 :

1.  Libraries
 Libraries adalah folder khusus yang menyatukan beberapa folder media. Sebagai contoh jika anda memiliki 3 buah folder mediayang masing-masing memuat film/video, dokumen dan gambar maka fitur ini akan menggabungkan keduanya sehingga dapat diakses dengan cepat dan mudah
2.Snap dan Aero
 a.  Snap
Digunakan untuk menyusun jendela (Window) yang terbuka sisi demi sisi. Fitur ini sakan sangat membantu anda untuk membandingkan beberapa dokumen atau untuk memindahkan dokumen dari 1 folder ke folder yang lain.
b.  Aero Peek
 Fitur ini akan membantu anda untuk manampilkan window yang tidak aktif kelayar hanya dengan menggeser mouse pada window tersebut. Fitur ini digunakan jika anda membuka lebih dari satu window. Anda dapat melakukannya dengan cara menggeser mouse dan meletakkannya pada ikon program window yang akan ditampilkan, tanpa harus melakukan klik.
3. BitLocker To Go
BitLocker akan mengenkripsi drive anda sehingga orang lain tidak dapat mengaksesnya tanpa password. fitur baru yang menarik di windows 7 adalah BitLocker To Go
  a.  BitLocker To Go
 Fitur ini digunakan untuk mengenkripsi   data media portable.
Enkripsi media portable
berikut langkah-langkah yang dilakukan :
1.Pilih drive yang akan dienkripsi
2.Klik tombol start, ketik bitLocker lalu klik pada BitLocker Drive Encryption
3.Turn On BitLocker pada Drive anda
4.Masukkan Password yang akan anda gunakan lalu klik next
5.Klik tombol Save the recovery key to a file atau menngunakan tombol print the recovery key untuk mencetak langsung ke printer
6.Jika anda menympan kunci berupa fil epastikan file tersebut tersimpan di tempat yang aman, langkah berikutnya klik next.Konfirmasikan pilihan dan password, lalu klik start Encrypting. Tunggu samopai proses selesai.
Shortcut baru Windows 7





Tidak ada komentar: